Sabtu, 06 Juni 2020

PENANGANAN FISIOTERAPI PADA CALCANEUS SPURS

Pengertian

    Merupakan proses terbentuknya spurs atau taji atau tonjolan tulang pada tulang calcaneus( tumit ) yang disebabkan oleh adanya proses peradangan pada daerah tersebut yang tidak sembuh-sembuh dalam waktu lama( kurang lebih dalam waktu 6 minggu ).

    Pada aktivitas sehari-hari tumit mempunyai peranan penting sebagai tumpuan utama tubuh dalam berdiri, berjalan dan berlari. Adanya nyeri yang timbul pada tumit akan mengganggu aktivitas yang ada. Pengapuran pada tumit/heel spurs sering menimpa pada orang yang menggunakan tumit sebagai aktivitas tumpuan dan pijakan utama, misalnya seperti pelari,pejalan kaki, atlet dll. Juga bisa mengenai pada wanita yang sering menggunakan sepatu hak tinggi pada aktivitas sehari-harinya Heel Spurs seringkali merupakan kelainan yang timbul sebagai kelanjutan dari fasciitis plantaris yang tidak segera ditangani. dengan baik.


Proses Perjalanan Penyakit

    Proses awalnya penyakit ini biasanya penderita mengalami proses peradangan/perlukaaan pada facia plantaris( fasciitis plantaris ) pada telapak kaki, dimana tubuh dalam hal ini fibroblastic akan meperbaikinya dalam waktu setidaknya 6 minggu, tetapi jika dalam kurun waktu tersebut tidak ada penyembuhan, biasanya karena aktivitas sehari-hari yang selalu menggunakan kaki sebagai tumpuan tanpa istirahat yang cukup dalam mendukung proses penyembuhan, maka tubuh akan merekrut osteoblast yaitu zat yang membentuk tulang, sehingga terbentuklah tulang pada area tersebut, proses ini dinamakan sebagai calcifikasi dan bentukan tulang yang terjadi dinamakan heel spurs atau pengapuran tumit. Sebagian besar bentuk tulang hasil proses calcifikasi ini adalah runcing seperti kerucut dan tidak rata. Sehingga bila untuk beraktivitas sehari-hari, akan selalu bergesekan dengan jaringan lunak di sekitarnya seperti otot dan ligament yang akan memprovokasi timbulnya nyeri dan peradangan pada jaringan tersebut.


Penyebab

    Secara umum penyebab utama penyakit ini adalah adanya proses kalsifikasi pada tulang calcaneus/tumit sebagai akibat lanjut penyakit Fasciitis plantaris yang tidak tertangani dengan baik. Tapi selain itu penyebab dari penyakit ini antara lain :

  1. Pertambahan usia
  2. Adanya trauma/cedera berulang
  3. Faktor keturunan
  4. Kelainan struktur tulang
  5. Obesitas/kegemukan
  6. Pemakaian alas kaki yang tidak pas/terlalu sempit.
  7. Kondisi penyakit tertentu

Penanganan Calcaneus spurs

 Pemeriksaan dan evaluasi kondisi pada pasien diperlukan sebelum memberikan terapi . Dalam kasus ini penanganan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

1.   Medikamentosa, biasanya akan diberikan obat-obatan anti radang dan pengurang rasa sakit.

2.      Fisioterapi, pemberian cryoterapi pada kasus akut, ultra sound terapi, stimulasi elektrik dan terapi latihan yang sesuai cukup memberikan hasil yang memuaskan bagi pasien.

3.      Penggunaan soft orthotic, dimana pasien dianjurkan memakai heel pads  sebagai bantalan yang diberikan pada tumit dalam aktivitas berjalan.

4.      Latihan Penguatan Otot, terutama otot-otot pada sekitar ankle

5.      Taping,penerapan taping sangat berguna dan efektif menurunkan peradangan yang ditimbulkan, serta menimbulkan rasa nyaman pada tungkai.

6.      Penguluran pada fascia plantaris, juga cukup efektif untuk mengurangi nyeri.

7.      Operasi, bertujuan memotong adanya spurs atau tonjolan tulang yang ditimbulkan.

 

 Salam inspirasi


( gambar dari Web MD )

wahid nur azis

(RSUD RA KARTINI JEPARA )





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar