Rabu, 10 Juni 2020

PENGERTIAN FISIOTERAPI




Pengertian

    Seperti dikutip dari halaman depan Ikatan Fisioterapi Indonesia, fisioterapi adalah suatu bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan ( fisik, elektroterapeutik,dan mekanis ), pelatihan fungsi dan komunikasi. Tenaga fisioterapi di Indonesia akan disebut sebagai fisioterapis. Seorang fisioterapis dapat membanu individu/masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan dan mencapai kualitas hidup yang optimal dan setinggi-tingginya, melalui bentuk pelayanan promotif,preventif,kuraif,habilitatif dan rehabilitatif.

    Menurut Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.778 Tahun 2008 tentang Pedoman Pelayanan Fisioterapi di Sarana Kesehatan, fisioterapi adalah suatu pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk individu dan atau kelompok dalam upaya mengembangkan, memelihara, dan memulihkan gerak dan fungsi sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan modalitas fisik, agen fisik, mekanis, gerak, dan komunikasi. Fisioterapi dapat melatih pasien dengan latihan khusus, penguluran dan bermacam-macam teknik dan menggunakan beberapa alat khusus untuk mengatasi masalah yang dihadapi pasien .

    Berdasarkan ruang lingkup pelayanan fisioterapi dan tuntutan kebutuhan masyarakat, pelayanan fisioterapi dibagi menjadi:
a.Fisioterapi Kesehatan Wanita
b.Fisioterapi Tumbuh Kembang Anak
c.Fisioterapi Kesehatan dan Keselamatan Kerja
d.Fisioterapi Usia Lanjut
e.Fisioterapi Olahraga
f.Fisioterapi Kesehatan Masyarakat
g.Fisioterapi Pelayanan Medik: pengembangan pelayanan fisioterapi pelayanan medik didasari pada spesifikasi problem kesehatan pasien, seperti fisioterapi Muskuloskeletal (penyembuhan dan pemulihan gangguan anggota gerak tubuh terdiri dari otot, tulang, sendi, jaringan ikat), Fisioterapi Kardiovaskulopulmonal (penyembuhan dan pemulihan pada gangguan jantung, pembuluh darah, dan paru), Fisioterapi Neuromuskular (penyembuhan dan pemulihan pada gangguan sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi), Fisioterapi Integument (penyembuhan dan pemulihan pada kecacatan fisik dan kulit)

    Fisioterapi dalam melaksanakan praktik fisioterapi berwenang untuk melakukan:
a.Asesment Fisioterapi;
b.Diagnosa Fisioterapi;
c.Perencanaan Fisioterapi;
d.Intervensi Fisioterapi;
e.Evaluasi/re-evaluasi/re-asesmen

Bentuk Pelayanan Fisioterapi

    Pengobatan dengan memakai metode ini membutuhkan keterlibatan pasien secara aktif dan kedisiplinan. Oleh karena itu, fisioterapis akan melakukan pemeriksaan terhadap penyakit , mendiagnosis dan membantu penderita memahami permasalahan yang hinggap di tubuhnya.
Adapun beberapa bentuk modalitas pelayanan fisioerapi adalah :
  1. Pelayanan dengan sinar, yaitu penggunaan sinar infra merah, sinar ultra violet
  2. Kompres panas/dingin.hot pack/cold pack, cryoterapi,Laser terapi, parafin bath
  3. Pelayanan, elekro terapi, yaitu pelayanan dengan SWD,MWD,Ultra sound terapi, Tens, Elektrical stimulasi, interferensial
  4. Traction
  5. Terapi latihan, teknik fasilitasi stimulasi inhibisi, PNF terapi,MLDV,NDT, senam hamil, senam asma, senam stroke, senam diabetes, senam nifas, stretching, strengthening dll
  6. Manual terapi, manipulasi mobilisasi sendi,massage dll
Demikian sekilas pengenalan fisioterapi, semoga bermanfaat.

Salam inspirasi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar