Kamis, 11 Juni 2020

KOLANG KALING BAHAN MAKANAN KAYA MANFAAT

  
 Kolang kaling merupakan salah satu buah khas daerah tropis yang seering kita jumpai di bulan puasa. Karena banyak mengandung air dan menyegarkan, buah ini sering dijumpai sebagai bahan campuran untuk es buah, es campur, kolak dan enak juga dibuat manisan. tidak hanya enak dan menyegarkan untuk dikonsumsi, buah ini juga dianggap memilik manfaat kesehatan bagi tubuh, karena banyak mengandung nutrisi yang berguna bagi tubuh, diantaranya :
  • Kalsium, dalam 100 gr buah kolang-kaling lebih dari 80 mg adalah mengandung kalsium, seperti kita ketahui kalsium sangat dibuuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Fosfor, dalam 100 gr buah kolang kaling terdapat setidaknya lebih dari 200 mg fosfor. Bersama dengan kalsium, fosfor juga diperlukan untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Fosfor juga berguna untuk memperbaik sel yang rusak, menghasilkan energi dan mempertahankan ritme detak jantung kita.
  • Serat, sebagian besar kandungan yang terdapat dalam kolang-kaling adalah serat dan air. Serat sangat dibutuhkan untuk mencegah sembelit dan mengurangi kolesterol yang diserap oleh tubuh, sehingga kolesterol tetap terjaga dengan baik.
  • Zat besi, kolang-kaling juga mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan dalam pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh, dan membawa kembali sampah dan karbon dioksida keluar dari tubuh.
  • Gelatin, berfungsi sebagai peredam nafsu makan,karena memberikan efek kenyang lebih lama dan sebagai pelumas sendi sehingga baik untuk penderita Osteoarthritis.
Sedangkan menurut Perhimpunan Ahli Gizi Indonesia sendiri pada tahun 2015 mengungkapkan bahwa kolang-kaling mempunyai beberapa manfaat, diantaranya :
  1. Mendukung kesehatan sendi dan tulang, karena mempunyai kadar air dan jumlah kalsium yang cukup tinggi, namun rendah kalori.
  2. mengobati radang sendi, terutama dengan adanya bahan gelatin di dalamnya
  3. Melancarkan pencernaan dan mencegah kanker usus dan kolorektal, karena tingginya serat yang terdapat di dalamnya
  4. Membantu kesehatan ginjal, karena sebagian besar kandungan dalam kolang-kaling adalah air.
  5. Mencegah dehidrasi
  6. Menjaga keremajaan kulit
  7. Menjaga metabolisme tubuh
    Dengan mengkonsumsi kolang-kaling, diharapkan manfaat kolang-kaling yang baik untuk tubuh dapat dirasakan untuk kesehatan kita.

Salam inspiratif

( gambar dari sh net )





Tidak ada komentar:

Posting Komentar