Minggu, 17 Februari 2013

KONJUNGTIVITIS


MATA BELEKAN ATAU KONJUNGTIVITIS



Merupakan penyakit mata yang menular yang sering dialami oleh masyarakat perkotaan yang mempunyai aktivitas tinggi di luar ruangan. Walau begitu masyarakat pedesaan juga kadang mengalami terutama diwaktu waktu tertentu. Penyakit mata belekan atau dalam istilah medis disebut sebagai “KONJUNGTIVITIS” merupakan peradangan pada selaput bening/konjungtiva  yang menutupi bagian putih mata dan bagian dalam dari kelopak mata.
Penyebab peradangan selaput ini bermacam-macam, antara lain bakteri, virus, alergi, asap dan benda asing ( debu, sisa-sisa pembakaran dll ). Bisa juga disebabkan oleh paparan sinar/cahaya yang terlalu tajam atau berulang-ulang, seperti sinar ultraviolet,menonton televisi yang terlalu dekat, las listrik/karbit dll.
Ada juga mata belekan ini berlangsung sampai berbulan-bulan, dimana ini dikarenakan infeksi bakteri tertentu, kepekaan terhadap bahan kimia tertentu, adanya paparan bahan iritan tertentu yang berulang, kelainan saluran air mata, akibat penyakit kronis lain dll.
Selain itu pemakaian lensa kontak dan kacamata yang tidak tepat juga bisa menyebabkan peradangan pada selaput ini. Sehingga disarankan saat membeli kacamata/lensa kontak harus benar-benar dikonsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya, dalam hal ini dokter spesialis mata yang anda percayai.
Pada bayi yang baru lahir bisa juga terjadi konjungtivitis, hal ini dikarenakan kontak mata bayi saat mengalami proses kelahiran dalam perjalanan melewati jalan lahir sang ibu. Sehingga biasanya setelah lahir, mata bayi akan langsung ditetesi dengan antibiotik untuk mencegah peradangan pada selabut beningnya.
konjungtivitis sering menyerang pada dewas produktif dan anak-anak yang mempunyai aktivitas tinggi di luar rumah dan memungkinkan untuk sering terpapar bahan-bahan yang telah tersebut diatas. Dan pada awalnya biasanya hanya menyerang pada satu mata, namun bisa menular ke mata yang lain.
Gejala-gejala awal penyakit ini adalah adanya rasa perih, merah, berair, kemeng dan gatal pada mata. Pada konjungtivitis karena alergi atau virus akan mengeluarkan cairan kotoran berwarna bening, sedangkan yang disebabkan bakteri cairan yang dikeluarkannya akan berwarna putih atau keruh. Pada tahap berikutnya mata akan menjadi silau, kurangpeka, kabur dan akan mengeluarkan kotoran ( belek ) pada pagi hari setelah bangun tidur.
Pada keadaan lebih lanjut/parah bisa terjadi penurunan fungsi mata bahkan kebutaan jika tidak ditangani secara bijaksana.
Penyakit ini mempunyai tingkat penularan yang cukup tinggi, seperti terkena cairan mata penderita konjungtivitis,berenang bersama, mengkucek mata yang terinfeksi, pemakaian handuk, sapu tangan, bantal, guling, sprei bersama dan lain-lain.
Pengobatan penyakit ini tergantung dari penyebabnya. Jika penyebabnya bakteri, bisa diberikan antibiotik yang sesuai/dianjurkan oleh dokter, jika karena alergi bisa diberikan antihistamin dengan diminum dan diberikan tetes/salep yang mengandung corticosteroid atau sesuai petunjuk dokter. Istirahatkan mata yang sakit secukupnya, dan jika perlu tutup dengan kasa agar tidak bertambah parah atau menular kepada orang lain. Bersihkan secara teratur mata yang sakit dengan air hangat, dan jika perlu kompres dengan air hangat untuk mengurangi rasa gatal atau perih pada mata. Yang terpenting adalah konsultasikan secara benar dengan dokter yang berkompeten di bidangnya, jangan coba-coba untuk mengobati sendiri mata anda yang sakit.
Selain pengobatan, hal penting lain yang perlu dilakukann adalah pencegahan, misalnya dengan menghindari sering mengkucek mata karena akan menyebabkan iritasi dan perlukaan yang mungkin timbul akan semakin melebar, hindari pemakaian handuk, saputangan, peralatan tidur secara bersama-sama dengan penderita konjungtivitis. Cucilah tangan sesering mungkin dengan memakai sabun antiseptik setelah berhubungan/kontak dengan penderita penyakit ini. Hindari berenang bersama dengan penderita penyakit ini.
Demikian tips singkat kami yang diambil dari berbagai sumber, semoga bermanfaat. Jagalah mata anda karena disanalah indahnya dunia dapat kita nikmati...salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar