Minggu, 03 Maret 2013

kulit awet muda








 Setiap wanita di dunia ini pasti sangat mendambakan mempunyai kulit yang halus,sehat dan bercahaya. Bahkan beberapa diantaranya juga menginginkan kulit yang putih dan awet muda.Timbulnya kerutan kerutan,bersisik dan flek-flek hitam di kulit terutama di kulit wajah dianggap sebagai malapetaka bagi sebagian mereka, terutama bagi wanita yang masih dibawah 35 tahun. Karena itu dianggap sebagai tanda-tanda awal adanya proses penuaan. Penuaan pada kulit sendiri diawali dengan kulit kering, yang dfisebabkan beberapa faktor. Selain karena pertambahan usia juga adanya faktor dari luar seperti pemakaian AC, polusi udara, pemakaian kosmetik yang berlebihan atau tidak semestinya dan faktor makanan/lingkungan sekitar.
    Pada kulit terdapat lapisan yang disebut ceramide yang bertanggung jawab sebagai pelembab alami pada kulit, yang berfungsi sebagai penahan terjadinya penguapan air pada kulit. Jika lapisan ini mengalami penipisan, maka kulit akan menjadi mudah kering. Apalagi jika sampai mengalami kerusakan, lapisan tersebut akan menjadi kehilangan fungsi sehingga kulit menjadi kering,kasar dan bersisik.Akibatnya sinar matahari akan menjadi mudah menerobos lapisan epidermis kulit sehingga memudahkan timbulnya flek-flek hitam pada kulit, Apalagi di Indonesia yang kaya akan sinar matahari, kulit kering akan semakin mudah dijumpai.
     Pada sebagian wanita masih sering dijumpai kesalahan penanganan kulit mereka yang mulai mengalami penuaan ini. Dimana kebanyakan dari mereka hanya fokus memperbaiki kulit hanya dengan menggunakan pelembab atau krim pemutih yang berefek pada pengelupasan. Apabila pengelupasan ini terjadi terus menerus dan tak terkontrol,justru berakibat kerusakan kulit akan semakin lebih luas. Sinar matahari akan bertubi-tubi menerobos lapisan epidermis kulit sehingga flek-flek hitam akan bermunculan tidak terkendali. Apalagi seiring dengan bertambahnya usia jaringan collagen dan elastin kulit yang mengurusi kehalusan dan kekenyalan kulit akan semakin berkurang jumlahnya. Dan lebih diperparah lagi apabila kulit seriing terpapar sinar matahari tanpa pelindung/penggunaan tabir surya.
     Pemberian lotion atau vitamin tertentu pada kulit tidaklah cukup untuk memperlambat proses penuaan kulit. Karena membutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam merawat dan memperlambat proses penuaan kulit dari luar dan dalam. Sehingga tak heran di banyak daerah di Jawa Tengah sendiri kini bermunculan klinik-klinik kecantikan yang menawarkan perawatan kulit secara maksimal. Tidak hanya dari kalangan medis yang mendirikan klinik kecantikan tersebut, herbalis dan pengobatan tradisional juga bermunculan bak jamur di musim hujan, berlomba-lomba meraih simpati wanita yang ingin selalu tampak cantik.
     Perawatan kecantikan kulit dari luar membantu melindungi kulit dan mengurangi efek negatif akibat pengaruh udara luar dan sengatan sinar matahari. Seperti pemakaian pelembab/lotion, tabir surya, pembersihan secara teratur dan penggunaan krim malam. Sedangkan perawatn dari dalam adalah membantu merangsang pembentukan sel-sel baru kulit dengan pemberian asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit, karena siklus regenerasi kulit sendiri berjalan setiap 28-30 hari sekali.
     Alam sendiri sudah menyediakan banyak sekali bahan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kulit tetap sehat dan cerah, seperti beras merah, jeruk, anggur dan berbagai jenis ikan laut. Dimana bahan-bahan tersebut berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit, membentuk jaringan kollagen dan elastin kulit serta membantu regenerasi sel-sel kulit yang rusak/mengelupas. Konsultasikan secara benar kepada ahli kecantikan yang terpercaya di kota anda, sehingga dampak buruk pemakaian kosmetik dan obat-obatan untuk kulit dapat dicegah. Tetaplah cantik wanita Indonesia..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar